Adib_Inblaze

creative design

Pages

Senin, 27 Mei 2013

InkScape

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas (opensource) dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS. Inkscape bersifat cross-platform, maksudnya yaitu bisa dijalankan pada berbagai macam sistem operasi baik berbasis Unix maupun Windows. Dalam proses pengembangannya, Inkscape selalu melakukan penambahan fitur dan antarmuka baru pada setiap rilis baru.
Inkscape dirintis pada tahun 2003 sebagai sebuah fork dari proyek Sodipodi. Sodipodi sendiri dikembangkan sejak 1999, didasarkan pada Gill (Gnome Illustration Application)
, buah karya dari Raph Levien. Fork itu dipandu oleh tim berjumlah 4 orang, yang anggotanya adalah mantan dari pengembang Sodipodi yaitu Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY. Mereka melakukan forking karena ketidak setujuan dengan konsep pengembangan Sodipodi karena menyimpang dari penerapan standar SVG. Sejak 2005, Inkscape ikut serta dalam Summer of Code yaitu program dari Google. Dan sejak November 2007, sistem pencarian kesalahan program Inkscape ditanam di Sourceforge, tetapi pada 21 November 2007 dinyatakan bahwa mereka akan memindahkannya ke Launchpad.
Inkscape merilis aplikasi terbarunya pada 23 Agustus 2010 dengan versi 0.48. Aplikasi ini mempunyai website sendiri yaitu inkscape.org, dimana didalamnya terdapat info tentang aplikasi Inkscape sendiri mulai dari documentation, download, books, galleries, discussion, dan yang lainnya.
Inkscape memberikan kemudahan dalam menggunakannya, mulai dari UI (User Interface) yang memanjakan user dan fitur-fitur tambahan yang ada di Inkscape yang tidak ada di aplikasi vektor editor lainnya seperti Sozi. Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat animasi dengan Inkscape, baik itu untuk presentasi ataupun backdrop animasi yang digunakan dalam acara-acara.

0 komentar:

Posting Komentar